Rabu, 06 Januari 2016

Perkembangan Bisnis OLX

OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring.
OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.
Pada tanggal 14 November 2014, OLX Indonesia mengumumkan bahwa berniaga.com akan merger dengan OLX Indonesia pada tahun 2015 mendatang. Proses merger sudah selesai pada bulan Februari 2015.
OLX didirikan pada tahun 2006 di Buenos Aires oleh pasangan Fabrice Grinda serta Alec Oxenford dan berkembang ke seluruh dunia, maka sejak Tahun 2010 mereka memindahkan kantornya ke Kota New York, AS. Saat ini Grup Perusahaan OLX telah berada di lebih dari 50% negara-negara di seluruh dunia atau lebih tepatnya di 106 negara, yang artinya sudah lebih dari 50% negara di seluruh dunia serta sudah tersedia di lebih dari 40 bahasa. Naspers merupakan investor strategis bagi OLX dengan nilai investasi hingga U$40 juta, serta investasi dari beberapa investor yaitu Bessamer Venture Partners, DN Capital, Nexus Ventures, Founders Fund, serta General Catalyst Partners total senilai U$28.5 juta. Situs web ini hadir pada tahun 2005 dengan nama tokobagus.com dan merupakan pusat jual beli online terbesar di Indonesia yang dikunjungi oleh lebih dari 100.000 pengunjung setiap harinya. Arnold Sebastian merupakan Pendiri dan CEO dari Situs Jual Beli Online OLX.co.id. Sosok Arnold Sebastian. dengan rambut pirang, kulit bule dan busana kasual, dia tampil seperti turis muda. tapi jangan salah, dibalik penampilan santainya tersebut, pemuda asal Belanda itu adalah pengusaha muda pendiri salah satu situs jual beli online terpopuler di negeri ini, OLX.co.id

Begitu lulus dari Fakultas Teknologi Informasi di James Madison University, AS, pada 1999, pemuda kelahiran Gouda, Belanda, itu menjadi Freelance Programmerdengan membuat situs-situs perusahaan. namun, bisnis yang mendatangkan ribuan gulden (mata uang belanda) itu tidak membuat dia cepat puas, dia berambisi mengikuti jejak Jeff Bezos, CEO Amazon.com, sebuah perusahaan yang menggelola toko buku di jagat maya, "Amazon.com adalah karya luar biasa karena mempertemukan pembeli dan penjual tanpa dibatasi ruang." ujar Arnold menceritakan ambisinya saat masih belia dengan bahasa indonesia yang fasih ketika ditemui di Surabaya awal pekanlalu.

Namun, tak ada yang bisa menebak suratan takdir seseorang. ambisi Arnold saat tinggal di belanda dan ketika menuntut ilmu di Amerika itu justru malah terwujud di Indonesia, pilihannya untuk menghabiskan libur musim panas di Denpasar, Bali, pada pertengahan 2000 membuat jalan hidup pria kelahiran 26 Maret 1980 itu berubah drastis, saat sedang asyik menikmati pemandangan alam Pulau Dewata, tebersit keinginan Arnold untuk mewujudkan ambisi terpendamnya itu, dia membuat situs terbaik untuk dirinya alaAmazon.com di indonesia. "Saat itu, saya melihat internet sudah berkembang luar biasa di dunia, namun bisnis online justru tidak banyak tergarap di indonesia" ujarnya, melihat peluang usaha yang masih menganga itu membuat Arnold merombak total rencana liburannya. dari semula direncanakan hanya beberapa hari di bali, dia ubah sampai ide besarnya tersebut terwujud dan berlangsung hingga sekarang.

Setelah melakukan survei sederhana, pada September 2005, Arnold memberanikan diri membuat situs jual beli bernama tokobagus.com yang sekarang jadi OLX.co.id. kenapa memilih nama yang unik itu? sambil tertawa Arnold menjelaskan, "Saya memilih kata toko karena situsnya mendesain setiap user dapat domain atau shop alias toko sendiri. Sedangkan, saya pilih bagus karena saya sering melihat kata bagus untuk nama toko di Indonesia" ceritanya, seperti cerita pada umumnya di bisnis teknologi, Arnold juga mengawali usaha tokobagus.com dengan sangat sederhana. jika Bill Gates dariMicrosoft dan Steve Jobs pendiri Apple Inc, mengawali di garasi. Arnold juga menjalankan roda usaha tokobagus.com di rumah kontrakan dengan hanya 3 karyawan.

Awal-awal meng-online-kan situs, pengunjungnya masih minim. pada 2005 sampai 2006, pengunjung tokobagus.com hanya puluhan ribu. padahal, Arnold hampir setiap jam terus meng-update situsnya agar tampilannya lebih baik. bahkan, agar lebih optimal pada 2007 kami mulai promo di media televisi dan radio, tapi tidak berdampak banyak pada naiknya pengunjung, beruntung perkembangan zaman berpihak pada Arnold. pada awal 2008, pengguna internet makin berkembang di Indonesia saat itu, setidaknya ada 31 juta IP (Internet Protocol) address di Indonesia setiap hari angka tersebut semakin bertambah, tren itu membuat persaingan antar provider (Penyedia Jasa) sambungan online semakin sengit. ujung-ujungnya, tarif penggunaan internetsemakin murah.

Berapa biaya mengelola tokobagus.com? ditanya demikian, Arnold tidak mau menyebutkan. Meski demikian dia mengatakan telah menyiapkan dana operasional, hingga 5 tahun ke depan. Arnold juga menargetkan tiga tahun dari sekarang, pihaknya bakal memperoleh pemasukan, terobosan bisnis juga dilakukan Arnold. situs tokobagus.commulai awal tahun lalu sudah bisa diakses melalui mobile website. karena itu, Arnoldoptimistis pertumbuhan pengunjung pada tahun ini bisa dua kali lipat jika dibandingkan dengan 2009, hingga sekarang namanya berubah menjadi OLX.co.id, bergabung dengan mitra OLX .Inc.
Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".
Di Olx ada beberapa katagori yang bisa di  cari yaitu:
·         Hiburan dan Olahraga
·         Mobil
·         Motor
·         Properti
·         Keperluan Pribadi
·         Elektronik & Gadget
·         Hobi & Olahraga
·         Rumah Tangga
·         Perlengkapan Bayi & Anak
·         Kantor & Industri
·         Jasa & Lowongan Kerja
Kesimpulan
Olx adalah aplikasi untuk mempermudah orang untuk menjual atau membeli barang. Untuk para penjual disedikan pasang iklan gratis tanpa dikenakan biaya.
Daftar Pustaka
http://www.materi-it.com/2014/09/perjalanan-kisah-sukses-toko-bagus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar